Review W1 - Pembangunan Wilayah


Pembangunan wilayah berangkat dari isu strategis di suatu wilayah. Isu yang muncul unik pada suatu wilayah, karena tujuan, sumberdaya yang dimiliki setiap wilayah berbeda. Sehingga pembangunan wilayah akan berbeda dalam masing-masing wilayah dan tidak dapat dipertukarkan antarwilayah. Bagian yang generik/umum dari suatu perencanaan pembangunan adalah prosesnya yang sama, mulai dari identifikasi masalah, mencari solusi dan alternatifnya, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Pembangunan wilayah direncanakan oleh Badan Perencana dan dilaksanakan Dinas; sedangkan perencanaan sektoral direncanakan dan dilaksanakan oleh Dinas. Pentingnya mengintegrasikan pembangunan sektoral pada suatu rencana pembangunan wilayah adalah untuk mencapai tujuan pembangunan wilayah secara keseluruhan.

Perencanaan Kota dan Wilayah, keduanya memiliki persamaan, perbedaan dan keterkaitan.
Persamaan keduanya adalah secara bersama merencanakan ruang, namun berbeda dalam skala dan elemen-elemen yang terlibat Perbedaan keduanya, Pembangunan wilayah bersifat supra-urban, perencanaan kota bersifat intra-urban. Keterkaitan keduanya adalah pengembangan wilayah memerlukan perencanaan kota, karena kota merupakan salah satu node yang penting dalam sistem wilayah. Perencanaan kota pun memerlukan pengembangan wilayah karena kota merupakan bagian dari sistem wilayah. Dengan keterkaitan itu, tidak dapat dilepaskan satu sama lain.

Pembangunan wilayah dapat bermuara ke Tata Ruang, dalam rupa pola, struktur, kawasan strategis, yang dibuat untuk mengatasi isu yang ada(misal: untuk mengatasi kesenjangan, meningkatkan ekonomi).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

W1 - Ekonomi Spasial: Teori Lokasi dalam Ekonomi Wilayah dan Kota

Review W1 - Ekonomi Spasial

W2 Ekonomi Spasial - Teori Lokasi Industri Klasik